Selasa, 06 Juli 2010

Horsegrin Rabbithop Birdwhistle Joylaugh

"Joy is a net of
love
by which you can catch souls."

(Mother Teresa of Calcutta)

Kebahagiaan. Apa? Bagaimana bentuknya? Konsepnya? Di mana? Siapa? Siapa yang peduli? Anda? Saya?   Berapa harganya? Berapa yang harus dibayar? Apa yang harus dikorbankan? Apa yang saya dapatkan sebagai gantinya? Itu saja? Tidak ada yang lain? Tapi kenapa harus ini? Inikah yang saya maksud? Tidak ada rasanya. Ada pilihan lain? Tidak? Yakin? Sesuatu yang konyol mungkin? Yang bisa membuat saya tertawa? Yang bisa membuat saya tertawa walaupun sebenarnya saya sedang menderita, disakiti, dihina, atau apapunlah? Ada? Di mana? Saya? Oh ya? Jadi, kalau saya ingin menertawakan sesuatu yang konyol maka saya harus menertawakan diri sendiri? Itukah kebahagiaan? Kemampuan untuk menertawakan diri sendiri? Seperti itu caranya untuk menikmati hidup? Oke, saya coba.


Travis - Driftwood


Driftwood. Di Google translator artinya kayu apung.

You're driftwood floating underwater/Breaking into pieces, pieces, pieces/Just driftwood, hollow and of no use/Waterfall will find you bind you grind you/And you really didn't think it could happen/But it really is the end of the line/So I'm sorry that you turned to driftwood/But you've been drifting for a long long time/

Isinya tentang menjadi dewasa, kurang lebih. Cukup terasa ironinya. Kembali menyentak saya tentang pentingnya memilih jalur hidup sendiri sebelum nanti terbawa arus seperti kayu apung. Tapi video klip ini membantu saya untuk bisa menertawakan ironi familiar tersebut, atau malah saya juga sedang menertawakan  diri saya sendiri?

The Smashing Pumpkins - 1979


Apa yang selalu membuat saya tersenyum dari video ini adalah tulisan 'Proud Parents of a D Student' yang tertempel di bemper belakang mobil. Dan yang membuat video ini hebat adalah bahwa ini terasa begitu 90-an. I love the nineties.


Sigur Ros - Hoppipola


Versi lansia dari video '1979'. Bagaimana mungkin saya tidak sedikitpun mengharapkan bahwa gambaran masa tua saya terekam dalam video ini? Saya rela membayar apapun untuk bisa seperti ini kelak. Anda mencatatnya, Tuhan?


Paul McCartney - Dance Tonight


Kalau Paul McCartney yang menyuruh untuk menari malam ini maka artinya seperti demikian. Mungkin saya akan mengingat lagu dan video ini jika suatu saat saya sedang tidak enak badan, tidak enak hati, tidak enak perasaan, dan sebagainya, biar saya tidak harus repot-repot mendengarkan nasihat-nasihat.


Pavement - Carrot Rope


This is the primal silliness and i like to join them. Would you? Grab your raincoat then.


3 komentar:

  1. Akhirnya gw bisa buka postingan lo yang ini kra.
    Gw baru notice yang 1979 itu deh. Hahaha.
    :D

    thx kra, wawasan kevideoklipan gw bertambah lagi. hahaha.

    BalasHapus
  2. lagu driftwood bagus ya, liriknya satire amat, jadi sangat ngerasa kesindir -_- videonya jg keren.

    "Bagaimana mungkin saya tidak sedikitpun mengharapkan bahwa gambaran masa tua saya terekam dalam video ini? Saya rela membayar apapun untuk bisa seperti ini kelak. Anda mencatatnya, Tuhan?"
    saya jg mau.

    BalasHapus