Rabu, 14 April 2010

Lights! Camera! Animation!

"Animation is not the art of drawings that move but the art of movements that are drawn."

(Norman McLaren)

Acara penghargaan Oscar Academy Awards adalah sebuah pertaruhan bagi gengsi atau pencapaian dalam dunia film. Tidak hanya mencakup masalah teknis atau skill dalam menyajikan tayangan berkualitas tapi juga ada nama besar yang dipersaingkan lewat aktor dan aktris yang berperan di dalamnya. Belum lagi sebagai arena pembuktian otoritas sang sutradara dalam kepiawaiannya menggunakan alat pengeras suara untuk memberikan arahan, teriakan, makian, ataupun pujian. Dan jangan lupa juga bagaimana studio film memiliki arena tersendiri dalam acara tersebut dan saling berkompetisi untuk membuktikan siapa yang paling mahir dalam melihat peluang bisnis. Ditambah dengan keikutsertaan dunia fashion yang berunjuk gigi lewat lenggak-lenggok dan senyum arogansi di atas panggung karpet merah, maka lengkaplah keseluruhan perayaan ini. Dan setelah mendengar hujan berita di TV atau membaca di koran yang berkali-kali menyiarkan tentang siapa yang terbaik dari kategori hal-hal di atas, mungkin ada baiknya untuk sekedar melepas jenuh, kita menengok pada kolom kecil yang berjudul “Best Animated Short Film”. Memang tidak terlalu bergengsi dibandingkan kategori lain, tapi tidak ada salahnya juga kita mengetahui bentuk lain dari sebuah karya seni perfilman. Dan karena beberapa videonya bisa didapat di Youtube, mungkin ada baiknya kita menyimak sebentar sebelum kembali dipusingkan mengurusi komentar foto di Facebook atau menulis status di Twitter :)




Directed and Written by: Javier Reco Garcia
Created by: Kandoor Moon
Plot: Perebutan seorang janda sekarat yang dilakukan oleh Sang Pencabut Nyawa (The Reaper) dan seorang dokter untuk membawanya ke dunia masing-masing.



Directed by: Borge Ring
Plot: Cerita persahabatan dua orang kakak-beradik dari mulai kecil hingga besar yang terangkum dalam sebuah album foto.



Directed by: Konstantin Bronzit
Created by: Melnitsa Animation Studio
Plot: Seorang wanita paruh baya penjaga toilet yang suatu hari dikejutkan oleh adanya serangkai bunga mawar merah di loket tempatnya bertugas.



Directed and Written by: Adam Elliot
Plot: Perjalanan hidup Harvie Krumpet, seorang unik yang kepalanya tersambar petir, memiliki magnet di dalam tubuhnya, gemar bertelanjang, dan mendengar patung yang berbisik “Carpe Diem!”



Directed by; Josh Raskin
Created by: Electric Company
Plot: Potongan wawancara yang dilakukan oleh Jerry Levitan, seorang bocah 14 tahun, yang menyelinap masuk ke dalam hotel tempat John Lennon menginap.



Directed by: Gary Rydstrom
Created by: Pixar Animation Studio
Plot: Sepasang alien di dalam ruang kontrol UFO yang sedang melakukan proses penculikan terhadap seorang petani yang sedang tidur di rumahnya.



Directed by: H5/Francois Alaux, Herve de Crecy, Ludovic Houplain
Plot: Sehari dalam kehidupan sebuah kota yang dihuni dan dipenuhi oleh maskot, lambang, logo, dan simbol dari perusahaan-perusahaan yang ada di dunia nyata. Sebuah satir unik mengenai dunia kapitalis.



Directed by: Alan Smith, Adam Foulkes
Created by: Nexus Productions
Plot: Petualangan dua orang pengurus pemakaman dalam mengantarkan peti mati menuju ke tempat penguburan.
Are we there yet? 



Directed by: Torill Kove
Created by: National Film Board of Canada, Mikrofilm AS
Plot: Kisah berliku mengenai takdir atau bagaimana sesuatu terjadi seperti sekarang yang diambil dari drama cinta seorang seniman dari Denmark.



Directed by: Chris Landreth
Created by: Seneca College (Animation Arts Center)
Plot: Potret surealis biografis mengenai Ryan Larkin, seorang animator dari Kanada yang terlibat dalam penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang. 

7 komentar:

  1. okeh.. dicatat di notes dulu kakak..
    thanks kra :)

    BalasHapus
  2. yang kemaren kita nonton ko ga ada kra?

    hahahaha. kayak kenal yah paragraf terakhirnya f(><)

    BalasHapus
  3. Logorama is awesome!!!aing ampe nonton berkali2..kocak anjirrr

    BalasHapus
  4. yup, the movie really deserved Oscar for the creativity, the idea, the story, and of course, the satire!

    We all live in a branded universe

    BalasHapus